4 September 2012

Sekilas

Penerimaan.

Mencoba menerima kenyataan bahwa tidak segalanya yang kita inginkan akan kita dapatkan. Tuhan masih punya rencana lain untuk itu.

Menghargai.

Bukan kamu orang paling menderita sedunia. Bersyukurlah atas segala sesuatu yang kamu dapatkan, yang ada padamu sekarang. Jangan terlalu sering melihat rumput tetangga yang lebih hijau, sedangkan rumput di halaman nggak dipangkas. Nggak tumbuh bunga, ndul.

Mencoba melihat dari kacamata orang lain, open-minded.

Nggak semua orang berpikir sama dengan kamu dan kamu nggak bisa memaksa orang untuk selalu sependapat dengan kamu. Orang tersebut mengambil keputusan tertentu pada saat tertentu karena alasan tertentu pula dan dalam keadaan sudut pandang yang berbeda. Every human being is unique. Seribu orang kamu hadapi, seribu orang juga yang mempunyai sifat yang berbeda.

Melindungi dan menyayangi tanpa syarat, ikhlas.

Seburuk-buruknya orang berperangai, sejahat-jahatnya orang berprilaku, kamu nggak bakal tahu apa yang terjadi di masa depan. Mungkin kamu benci ama dia, mungkin kamu kesal setengah hidup sama dia, tapi suatu saat dia bisa saja menjadi orang yang Allah utus untuk menolongmu dari ujian hidup. Nggak, nggak ada yang namanya putus asa dalam bersabar. Nggak, nggak ada yang namanya forever alone. It's always enough, even more than enough, if Allah is all you have.

Kejujuran.

Jangan karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Sudah sedikit orang jujur di dunia. Jadilah yang sedikit itu. Jujur pada dirimu sendiri.

#pelajaranKKN
iya, saya lagi seneng nulis tentang KKN :D

No comments: