18 January 2011

Problem

She will give anything for avoid herself being in a problem -R-


Masalah nampaknya akan selalu ada dalam hidup kita. Itu sebagai cara bahwa Tuhan sedang mendidik kita untuk menjadi manusia yang lebih baik. Namun, ada beberapa orang yang katanya selalu menghindar dari masalah, tapi bukannya lari dari masalah tidak akan menyelesaikan masalah?
Ada cerita dari R tentang temannya si A yang -katanya- sebisa mungkin tidak mau tercebur dalam masalah. Dia akan melakukan apa saja supaya hidupnya terbebas dari masalah dengan orang lain. Tapi aku merasa bahwa ketika dia mencoba sedaya upaya untuk menjauhi dirinya dari masalah, bukankah itu juga suatu masalah?


Masalah is going to be the most typed-word in this post.


Kemudian, aku teringat percakapan di komik Chicken Soup for The Soul. Aku nggak terlalu ingat dengan jelas redaksi kalimat di komik itu, tapi kira-kira begini:


(situasi) dua anak kecil sedang bermain dan bercerita.


Anak 1: "Ah, aku pusing! Ujian di sekolah, ibu yang cerewet, uang jajan yang kurang. Hidup ini penuh masalah! Aku ingin sekali berada di tempat dimana orang-orang tidak mempunyai masalah."


Anak 2: (tersenyum) "Mau kutunjukkan tempat dimana tak seorangpun yang mempunyai masalah?"


Anak 1: "Boleh, kalau kau tahu."


Lalu berjalanlah dua anak tersebut ke suatu tempat.


Anak 1: Kuburan? Mengapa kau membawaku kemari?"


Anak 2: "Inilah tempat dimana orang (mati) berkumpul dan tidak mempunyai masalah! Kau akan SELALU menemui masalah sebagai tanda kau hidup dan sebagai pelajaran untuk menjadi manusia yang lebih baik."

No comments: