22 March 2013

Rapelan

Rapel - Gabung

Jadi post ini untuk menggabungkan beberapa kegiatan saya selama bulan Maret. XD

Setelah ke Surabaya, saya ikut Indonesia Contribution Project atau biasa disebut In-P (インーP) gawean anak-anak Hiroshima University of Economics, universitas tujuan saya.

Bicara tentang menemani mereka, sumpah dah, stamina mereka hebat abis =.= (apa karena saya yang keberatan badan?) Malam jam 12 sampai di Jogjakarta, jam 10an udah pergi keliling Malioboro. Rute Inna-Garuda-Mirota Batik-Inna Garuda. Belum lagi keliling Amplas 3 jam (hampir semua toko dijabanin!), naik-turun Gunung Merapi, dan lagi keliling Malioboro 6 jam!

6 jam sodara-sodari.

Itu sih kegiatan yang menghabiskan banyak energi. Yang lain sih biasa, seperti menemani mereka ke Lawean, satu tempat kerajinan tangan di daerah Bugisan.

Lebih tepatnya, merecoki. :p

***
Melihat mereka, saya jadi bergumam sendiri. Pertama, waktu untuk fokus bekerja dan bermain. Work hard, play harder. Kalau sudah waktunya menjalankan program, yang ketawa hampir nggak ada! Serius mencatat, merekam, bertanya. Tapi kalau sudah jalan, weleh. Kedua, Indonesia ini toleran banget. Nggak bisa bahasa Jepang, bersusah payah cari translator. Orang yang nggak suka sempit (padahal yang lain sempit-sempitan), di kasih seat khusus :D Ketiga, belajarlah bahasa Jepang dan korek telinga sebelum bercakap-cakap dengan mereka. Bahasa Inggris mereka sama sekali tidak bisa diandalkan. Ini yang bikin desperado sebenarnya. Akhirnya setiap harus berkomunikasi harus menggunakan empat bahasa: Bahasa Jepang (yang alakadarnya), Bahasa Inggris (yang sumpah bikin bingung kalau mereka bicara, karena ada logat Jepang), Bahasa Tubuh, dan Bahasa Kalbu.

Ke-empat, cowoknya juga doyan dandan, walau nggak se-ekstrim Korea. Minimal catok rambut :3 Nggak heran kan kalau rambut mereka ala polem semua. Persis yang ada di komik-komik.

Yang paling penting aku sudah punya teman yang siap ngajak main disana :D

***
Back to Surabaya.

Sempat dibawa muter-muter ketika di Surabaya, membuat saya lebih berhati-hati kalau memilih taksi =..=" Sial banget kalau yang ini, harusnya hanya bayar 10k, karena dibawa muter-muter, jadi dua kali lipat.

Rasanya ingin menulis seluk-beluk dan tips-trik perjalanan menuju Konsulat Jendral Jepang di Surabaya.

***
TInggal beberapa hari lagi, dan yang saya lakukan hanyalah bersantai di rumah.

***
Ini foto-foto anak-anak In-P :)
Start :D

Flyyy!!
anw: untuk belajar, ini blog saya yang lain :)

No comments: