13 September 2009

Sahabatku Rebecca


udah lama sih.. copas dari fb, tapi silahkan dinikmati lagi :)
: untuk sahabatku, yang masuk HI Unmul :)
Balikpapan, 5-6 Juli 09
Surat untuk Rebecca Simamora

Becca!!!!
Nad kangen ama Becca nih... hehe. Maaf Bec, anehnya Nad lagi kumat... Nad beneran kangen ama Becca nih. Becca apa kabar Bec? Nad harap Becca selalu baik-baik aja.

Bec, saat sendiri dan hujan gini, Nad inget Becca. Inget kita ke sekolah pake payung yang kecil n naik angkot. Hahay! Inget banget waktu kita selalu sarapan nasi kuning n –secara tersirat- rebutan untuk dapet paha ayam. Huehehehe

Iya Bec, Nad baru sadar, Nad sayang ama Becca dan berharap semua masa di kos kita terulang lagi. Yang kita bohongin mama Becca untuk jalan ke lembuswana. Kita jalan ke tepian, ngebut-ngebutan (hahay, Becca cuma diam aja tuh waktu Nad ngebut di jalan inpres-pm noor) hehe, kita belanja-belanja.

Iya Bec belanja. Padahal sebenarnya yang kita beli itu lebih banyak jajan daripada kebutuhan kos. Uang yang kita belanjain lebih banyak habis ke nyam-nyam daripada beli sabun. Ya ampunn... masih inget kita nyari ayam cirebon? Masih inget nggak kita habiskan malam minggu walau cuma keluar dari kos?

Bec, nostalgila yukz? Nad ketemu Becca pas kita kos di jalan pelita n Nad ngerasa ‘wah, Becca seneng banget yah ditemenin ama mamahnya’. Iya Bec, enak banget ditemenin. Nad aja ngerasa langsung dibuang dari keluarga. Hehehe. Setelah itu, rasanya hari-hari Nad selalu berbeda kalo ada Becca. Ada aja yang kita berdua kerjain kan Bec? Mulai dari bongkar-bongkar kamar Nad.

Bongkar kamar Nad yang ancur habis! Inget banget waktu Becca bantuin bongkar kamar Nad. Ya ampuuuunnn debunya selangit! Baru itu kamar Nad berubah. Kamar Nad satu kali berubah, kamrnya Becca udah hampir tiga kali ganti dekorasi. Becca mau bantu2 Nad. Pindahin lemari (Becca kuat banget!), bersihkan langit-langit, dan lain-lain deh. Wah baru kali itu kamar Nad bersih banget! Becca, kalo di total, pengalaman Nad sama Becca itu mungkin bisa jadi satu novel. Ah nggak, 2 novel setebal da vinci mungkin bisa.

*Nad berkaca-kaca nih*
Hujan, panas, siang, malam. Semuanya Nad lewatin sama-sama Becca. Ujian, ulangan, tes, latihan, ngerumpi, nyuci baju, masak, meni-pedi, maskeran, warnain rambut, tidur, makan, jemur pakaian, nyuci motor, BANJIR, tidur di hotel, ke prom, belajar, jalan, ngolokin orang, nangis, sakit, susah, senang, laper, kenyang, jahil, ngagetin, ketawa, pernah kita lewatin. Suka sama orang, benci sama orang, ya kita bicarain. Tapi Bec, jujur, kita kapan berantem ya? Hehe. Nad nggak pernah tuh berantem ama Becca. Ya mungkin Becca banyak banget kesal ama Nad, secara Nad udah ngerepotin banyak. Apalagi k’ Ocha. Hehehe. Nad nggak pernah nggak ngerepotin kakak yang satu itu.

Apa-apa k’Ocha. Hujan ya Bec? Waktu hujan yang paling berarti buat Nad pas sama-sama Becca? Banyak. Pokoknya hujan pasti sama-sama banjir... kita banyak melewati hujan dalam diam. Tapi Bec, hujan yang pertama kali kita sama-sama yaitu hujan waktu kita duduk depan kelas bahasa-tusuk sate sama-sama yutha. Kita masih anak baru semua. Becca di ipa2, Nad di bahasa dg yutha. Trus hujan yang berkesan lagi waktu kita di kos k’Ocha trus udah jam setengah sebelas kita baru pulang ke kos. Untungnya ibu kos nggak marahin kita.
Panas?
Waktu panas banget, kita beli es campur. Es teler ding. Becca yang bayar. Hahaha. Yang paling sengsara waktu air galon habis, udah panas banget. Malas keluar. Eh, ujung-ujungnya beli teh kotak di dekat kos. Ckckck.

Malem?
Paling lucu biasanya kalo malem datang. Kita nonton HBO ampe busuk. Rally mulai dari jam 7 ampe jam 10.30an malem. Besoknya?? Pasti bengun telat gara-gara cape nonton n kelabakan belum nyetrika baju. Hohoho. Malem banyak banget sih yang berkesan. Apalagi malem minggu bareng Becca. Berkesan banget dah. Mulai dari kita nyari sate, ayam gepuk, ayam cirebon, molen, pisang keju, crepes (Tuhan,makananterusss!!!) Sakit... ya sakit, waktu Nad pilek yang gara-gara alergi kumat, trus Nad tidur di kamar Becca. Trus Nad ngerokin Becca yang masuk angin. Nyari obat sama-sama. Becca sering sakit tenggorokan, Nad sering pilek. Cucok dah. Hahay. Pokoknya kalo kita berdua sakit, ya, yang sering direpotin sekali lagi, k’Ocha.

Sedih? Banyak Bec. Apalgi kita berdua waktu itu dalam keadaan yang sama. Jomblo (waktu itu Becca ada di rumah kontrakan). Becca waktu itu down banget si (sapa yah kita manggilnya? Ohya, semprul) Semprul itu jadian ama orang lain. Wah, Becca langsung ngurung diri di kamar, Alkitab di samping, ama laptop. Ani bedua ama Nad, bingung, harus ngapain supaya Becca tenang. Nad juga waktu itu nggak tahu semprul gimana tabiatnya. Yang Nad tahu si semprul itu baik-baik aja (ternyata...). ya, Nad ama ani sih diamin Becca aja. Becca ampe nggak mau makan. Huhuhu... Ani ama Nad ampe ketawa-ketawa nggak jelas supaya menetralisir suasana. Tapi Becca malah kekeuh nggak makan. Waktu itu k’Ocha kemana ya?

Nad juga sering nangis gara-gara Dhana. Nah, Becca inilah yang tahu gimana Nad di kos. Cuma mikir Dhanaaaaaaaa~ mulu. Otak Nad nggak di program untuk mikir selain Dhana. Ada tuh yang waktu Nad down banget. Nad dikabarin Dhana mau ke Malay. Jiaahh, waktu itu Nad bukan apa-apanya dhana. Nad tuh mewek, termehek-mehek, ampe K’Ocha bilang, “Ngapain Nad kamu nangis, toh kalau jodoh nggak kemana. Ngapain dipikirin...”. Becca sih diem aja. Tahu nggak Bec, Becca itu SAHABAT paling hebat sedunia. Dalam diam aja Becca bisa ‘berkata’. Tapi Nad tahu artinya : udah Nad, diam. Aku pusing! ?

Bec, kita sering berantem sama sahabat-sahabat kita. Becca ngadu ke Nad, Nad ngadu ke Becca. Pokoknya kalo kita berdua udah sama-sama, adaaaaaaaa aja yang dibicarakan. Ampe bingung, koq kita dapet topik pembicaraan sebanyak itu yah? Dan Nad selalu aja bisa ‘lepas’. Baik itu senang ato sedih, ya curhat aja...

TAPIIIIII...
Yang paling seru, menegangkan adalah saat -> BANJIRRRRR!!!!!
Kalo nggak ada banjir, mungkin kita berdua nggak bakalan sama-sama lagi Bec, waktu Becca pindah ke kontrakan. Tapi, banjir pas ulang tahun Becca 071108 itu buat Becca pindah kos. Ke kos Nad! Ahaha. Kita memang ditakdirkan untuk berdua *lebay*. Kayaknya ada lima kali banjir. Tapi yang seru menurut tingkatan cuma ada 3.

Banjir yang pertama tuh lucu banget. Pertama, sekitar jam 4an, Nad bangun gara-gara ada yang nggaruk2 dinding kamar Nad. Nad lempar aja pake sapu. Trus Nad tidur lagi. Habis itu, masih teteup ada. Nad jengkel banget, Nad bangun. Kesel banget. Padahal Nad ngantuk berad en belum waktunya shubuh. Akhirnya Nad bangun. Pas Nad buka pintu kos, Masya Allah, udah di depan pintu aernya n melambai2 pengen masuk kamar Nad. Lanjut Nad telpon Becca. Akhirnya kami berdua beres-beres kamar Nad. Tipi dinaikin ke tempat Becca, kasur diangkat. Baju2 ditaro di atas kasur. Bah! Pokoknya kita nggak tidur lagi ampe berangkat skul.

Banjir yang kedua, bikin kita ngungsi. Becca ke tempat k’Ocha, Nad ke tempat iLa. Hahay. Malem2 kita manggul pakaian, boneka, laptop. Persis kaya orang nggak ada tempat tinggal. Kita tunggu om Nad di pom bensin kesejahteraan/pemuda. Motornya k’Ocha mogok n nggak bisa jemput Becca di POM bensin. Ya akhirnya Nad anter Becca ke PM Noor. Udah celana basah ampe ke CD, dingin. Padahal bintang bertaburan euy. Trus, pake nggak ketemu ama K’Ocha pertamanya. Jiaaahh... hahay! Inget kita maen aer, cari makan di banjir, foto-foto... ya mpunnn... Bec, video kita gila-gilaan ilang!!! Yang waktu pulang sekolah, kita nenteng sepatu, tas ditaro di depan –kaya orang hamil!-, trus Becca angkat rok. Karena banjir udah hampir nyampe pinggul, akhirnya kita bedua mutusin untuk basah-basahan aja. Ajegilee... ampe kos, langsung rendam rok yang baunya Naudzubilah...

Yang puuaaalliiing seru,
Waktu kita UAN, en BANJIR!!!!!
Sumpah, kita 6 hari –hampir seminggu- di hotel. Serasa orang kaya. (Padahal...) hari pertama Nad sendirian. Bayangkan, Nad harus bangun jam 3 (Nad tidur ngapung di atas air!) tapi jam 8 udah harus ngadepin ujian Nasional. Bukan Nad bohong, tapi Nad nggak ada belajar sama sekali menghadapi UAN dan UAS, kecuali Matematika, tentunya. Becca sendiri udah nggak tau deh gimana. Tapi pas pulang sekolah, dia nggak dapet angkot n akhirnya ikut Nad nginep di hotel Diamond. Serasa orang kaya tenang-tenang di dalam hotel. Leha-leha. Nggak ada belajar! Tapi tetap, biar tinggal di hotel, makannya tahu tek-tek. (ini dia pengungsi yang kere) *geleng-geleng*. Hari kedua, banjir makin parah. Nggak ada angkot yang mau ngangkut kita. Padahal jarak nggak sampe satu kilometer. Kita cuma butuh angkot supaya masuk ke kelas ujian nggak basah-basah amir. Tapi, apa daya. Beneran nggak ada yang mau ngangkut! Alhamdulillah ada motor Acha (adenya ila) yang lagi nganggur. Dipake aja tuh. Trus, bensinnya cuma satu bar lagi! Kita ke sekolah nggak pake helm, padahal itu lagi gerimis! Yang parah lagi, kalo misalnya kita telat, Listening bakalan dimulai! Pokoknya UAN kemarin kalo nggak lulus keterlaluan banget! Banyak perjuangan soalnya. Hehe.. trus, pengungsi hari kedua bertambah, Yutha. Hohoho... karena besoknya kita UAN Metik, ya akhirnya belajar juga mau nggak mau, ama k’Lensa. Hari ketiga kita berangkat naik angkot bareng... hari ketiga ini yah udah mulai tenang lah, habis metik udah nggak ada yang perlu ditakutkan lagi! ^^. Ini dia bagian yang paling gaya. Malemnya Nad ama Yutha menghadapi ujian Sastra, Becca ujian Fisika. Lanjut kita bertiga petantang-petenteng bawa binder yang isinya nggak penting. Tapi karena Becca ujian Fisika, Becca bawa LKS Fisika. Nad ama Yutha cuma ngerumpi. Hohoho. Di hotel itu udah kaya kos-kosan sendiri. Jemur baju di kamar hotel! Ya ampun, norak banget deh! Bayangkan segitiga bermuda dan kacamata batman di hotel. Untungnya cuma kita bertiga (Nad, Becca, Yutha, Mamanya Becca). Huweeehhh... hari ke-empat di skip n langsung hari ke-lima. Yutha pulang n tinggal Nad berdua di hotel. Ibunya Becca pulang pas hari ke-empat. Sepi dah...
Hari kelima, kita senang-senang di kamar hotel. Hahaha... besoknya pas hari sabtu, kita bingung, mau ngapain yah? Akhirya kita pesan makanan yang aneh-aneh. Sumpah makanannya eneg n mahal bangettt!!! Hari sabtu Nad balik ke kos-kosan ama Becca en berakhirlah petualangan Si Bolang-Baling. Huehehe

Sayang, pas UAS kita nggak sama-sama yah Bec? Kamar Nad udah hancur diterjang banjir sih... Bec, pada saat terakhir pun Nad masih ngerepotin Becca. Yaitu pada saat habis prom Nad kena alergi n pada saat pengumuman UAN. Kita lulus Bec...

Tapi Nad sedih Bec, Nad nggak sama-sama Becca lagi. Becca patut tahu, Becca udah menggeser posisi sahabat-sahabat Nad yang lebih dahulu bersahabat dengan Nad, menempati posisi ‘The Best Friend I’ve Ever Had’. Nad dulu sempat berfikir, Nad pengen sama-sama Becca terus, sahabatan ampe tua. Inget nggak dulu kita pernah berkhayal, “Kita ngapain ya 10 tahun lagi?” trus Nad bilang, “Anaknya Becca udah dua!! Hehehe. Ntar aku bilang gini ke anaknya Becca ‘Tante ini berdua Mamamu penuh perjuangan hidup di kos’. Wah Bec, pokoknya pengalaman kita semuanya pantas diceritakan ke anak cucu. Jangan lupain ya Bec.”

Selama dua tahun kita sahabatan, seingat Nad kita nggak pernah berantem. Becca selalu aja sabar hadepin Nad. Nad menyimpan kagum yang besar sama Becca. Nad iri Bec. Nad selalu berharap Becca selalu berhasil dalam kehidupan Becca. Dan dapet suami yang beribu-juta kali lipat baik dari si Semprul. Amin.

Beneran deh Bec, Nad minta maaf banget kalo Nad ada salah ya sama Becca. Nad orangnya ceplas-ceplos, jadi nggak tahu dimana salah Nad sebelum Becca ngasih tahu. Maaf bermilyar-milyar maaf Nad udah ngerepotin Becca, dan sekalian K’Ocha. v(^o^’)v

You are always be here, forever in my Heart, Becca,

Nad

No comments: