8 February 2010

Namamuuu :D

Apalah arti sebuah nama (Shakespeare)
Ngomong-ngomong, ada loh orang odong yang tulisannya udah dibuat di koran nasional yang masih bilang itu perkataannya Einstein. Bisa bangkit dari kubur tuh Einsteinhttp://www.emocutez.com 


Oke, saya adalah satu dari sekian banyak orang yang memakai nama Nadiyah (nama lainnya bisa Nadja, Nadia, Nadhia, Nadya, Nadiyya, dll.) Nama Nad sendiri dari bahasa Arab yang artinya awal mula sesuatu. Arti lainnya juga bisa pengharapan (Rusia) dan cemerlang (ntah dari bahasa mana :)


Sebenernya sih sebel nama pasaran. FYI, nama Nad dulunya bukan Nadiyah Salsabila seperti sekarang, tapi Inez Vetriena Chicylia, keren kan? :D


Inez sendiri artinya penuh karateristik, suci atau murni (bahasa Portugis), kebahagiaan dan kehormatan (Indonesia). Nama lainnya bisa Agnes.


Vetriena--- Nggak ada artinya sih.


Chicylia, apalagi ini nda ada artinya. Tapi kalau nama lainnya yaitu Sisilia, Caecilia, Cecilya, Cecilia, artinya adalah Buta (Whaaattt?) atau menyilaukan.


Well, zaman Jahiliyah dulu mana tau orangtuaku tentang masalah arti? Taunya sih nama anaknya keren. Yah, dahulu sih nggak ada yang nyamain itu nama. Asal-usul nama Nad dulu ialah : Inez, diambil dari nama penyiar cantik dulu, Ines Sukandar. Trus dua nama terakhir adalah penggalan dari nama-nama yang mereka daftar. :D


Seriusan, aku ganti nama bukan gara-gara keberatan nama seperti yang disimpulkan oleh teman-temanku. Aku ganti nama gara-gara nama Inez bla-bla-bla itu kurang Islami. Dan orang tuaku juga tidak mau masuk neraka gara-gara tidak bisa menjawab pertanyaan "Arti nama anakmu apa?". Nama adalah doa. Nah, kalau mereka tahu Chicylia artinya buta?
Btw, ada lho yang ngasih nama anaknya Tinja, aku nggak tahu tuh artinya tinja dalam bahasa lain apa, tapi kalau dari bahasa Indonesia kan tinja itu artinya kotoran, feses. :( buset dah tuh orangtua..

Pergantian nama cukup diberitahukan orang tuaku lewat SMS yang berisikan nama dan arti. Waktu itu aku kelas enam esde dan siap-siap untuk Ujian Akhir. Betapa hancur hati anakmu ini Pak, Bu, ketika engkau berdua memberi tahu bahwa nama anakmu ini adalah Nadiyah. Huhuhu. Padahal diriku sendiri mau nama yang lebih keren gitu. Saat itu pun Nad sendiri pengen nama Nada. Hahaha..

Sumpah.

Bergantilah nama itu. Waktu MOS SMP, agak kagok perkenalkan diri. Ceritanya identitas baru gitu. Sering keceplosan dengan nama Inez. :)

Hari berganti bulan... Aku sudah tahu bahwa arti dari Salsabila sendiri adalah mata air surga. Tapi aku baru tahu, kalau air yang mengalir di mata air yang bernama Salsabila itu adalah air Zanzabil, dari kata dalam bahasa Arab yang berarti air JAHE! Emang sih jahe adalah salah satu ramuan yang menyehatkan yang ada dalam Al-Qur'an maupun Hadist (ada kurma, jintan hitam alias habbatussauda, dan zaitun). Tapi...

Apakah Papa Mama udah tahu sebelumnya pas kasih aku nama itu?

No comments: