28 August 2009

Terlalu Bodoh :P

Cerita ini sebenarnya cerita waktu aku pertama datang ke Jogja..

Dari Balikpapan, aku nggak bawa peralatan mandiku lengkap. Aku lupa bawa pasta gigi. Nah, setelah mencari warung makan, aku, Rinda, Dina, mampir ke warung. Untunk beli air mineral ama pasta gigi.

Rinda ama Dina nunggu aku di emperan warung, aku masuk agak ke dalam.

Lalu Ibu Penjual (P) keluar dan tanya aku (A)
P : Mau beli apa kak?
A : Mau beli odol, Bu...
P : Setunggal?
A : Haaah? (nggak ngerti artinya setunggal)
P : Setunggal, Kak?
A : (garuk kepala) haaah?
P : Setunggal, Kak? (ibunya juga jadi bingung kuq aku hahh-hahh terus)
A : (melambaikan tangan) bukan bu, bukan mau beli setunggal, saya mau beli odol, Bu...


Dengan PD-nya aku bilang itu.
Lalu Dina bilang ke penjualnya, "Nggih, Bu. Odol'e setunggal"
Trus Dina bilang ke aku, "Nad, setunggal itu satu. Bukan bahasa barang!"

*TEARS*

Segitu bodohnya eh. Aku tahunya kalo satu itu kan Siji. Eh, ini Setunggal. Ya aku kira Setunggal itu Odol.

Hah...

n.b: Bahasa Jawa punya tingkatan. Nah, Siji itu bahasa ngoko. Kalo Setunggal itu Kromo. Ah, jadikan bahasa Jawa bahasa yang kamu mengerti ke tiga di Indonesia setelah bahasa Indonesia itu sendiri dan bahasa asal Ibu-mu atau Ayah-mu.

No comments: